Dari rongsok bisa masuk ke pelosok

Hoby atau kegemaran seseorang memang sangat banyak sekali,sekali waktu hoby atau kesenangan itu harus kita turuti atau lakukan.Salah satunya adalah Adventure,semenjak kecil dulu memang satu kegiatan yang bersinggungan dengan adrenalin ataupun alam, adalah hal yang cukup menarik bagi saya.

IMG00475-20120826-2021-cropNiat hati adalah Adventure offroad untuk klas 4×4 mobil,namun karna membutuhkan biaya yang besar bagi seukuran saya, meski beberapa waktu lalu sempat mengikuti kegiatan offroad 4×4 meski hanya sebatas navigator,penggembira dan tukang narik seling dan itu sangat menarik sekali bagi saya.

Memutuskan offroad menggunakan motor adalah pilihan tepat bagi ukuran saya dan menjatuhkan dengan merangkainya sebatas kemampuan saya adalah bagian dari proses yang mengasikkan.

Bukan layaknya temen yang lainnya,memulainya dengan menggunakan motor yang memang sudah siap tempur untuk medan pelosok,saya menjatuhkan pilihan dengan semi Enduro ya semi Trabas pada mesin 2Tak Forceone pabrikan Yamaha tahun 1995.

Bawa karung dan tambang buat narik serta Butuh tenaga extra untuk membawanya pulang! Itulah kesan pertama waktu melihat barang yang di tawarkan teman setelah mencari informasi tentang Mesin Murah dan Mati!.Berujud rongsok siap Timbang ketika saya temui barang tersebut dan seperti yang saya duga sebelumnya,tapi baiklah...inilah sebuah proses awal yang harus saya nikmati!

IMG00482-20120829-2129 - CopyTidak ada pilihan untuk memulainya,baik engine kaki kaki ataupun kelengkapan lainnya untuk bisa memilih dulu  apa yang harus dikerjakan.Mencari bengkel mesin yang sekaligus dekat dengan tukang las merupakan hal yang harus saya cari.Akhirnya mesin saya copot di bengkel dan rangka saya bawa ke tukang las.

Mendengar suara mesin untuk pertama kali bak menemui gadis pacar yang bertaun tak bertemu meski belum merasakan performa mesin berkapasitas 110 cc ,2 langkah tersebut,setidaknya telah di tiupkan roh pada rongsok dan menjadi bekas rongsok .

Urusan kaki kaki telah menghadang,kepalang tanggung dengan batangan rangka yang usang dan karatan saya memilih memotongnya sekalian menjadikan monoscock pada kaki belakang,sekaligus membenahi kekuatan rangka dan shock yang telah terpasang.

Mesin nyala setelah hunting onderdil mulai dari headsilinder, membran orisinil sampai karburator. Acuan tetap mencoba mengembalikan standart mesin pada dapur pacu 110cc meski bengkel menawarkan tuneup,saya pikir pada posisi normal mesin ini sudah cukup mampu untuk bermain di medan lumpur dan adventure ringan

IMG00700-20121112-1401Lengan ayun adopsi handmade untuk mendapatkan dudukan monoshock ,hanya sayang setelah sekali saya coba untuk trek trabas mengalami melengkung walau hanya berapa mili,Gear belakang saya pilih ukuran 55, shock depan dan lengan ayun milik Yamaha RK King New sekaligus cakram depan.

Cengkeraman pada manuver depan saya pilih pelek aluminium rossi 17-160 di balut ban

IMG00698-20121112-1400 - Copy

 cross x swallow  17-275 serta 17-215 rossi untuk ban belakang dan ban  IRC 17-300.

Memang tak ada acuan baik browsing maupun panutan dalam saya mencoba menghidupkan rongsok untuk bisa di pakai masuk ke pelosok dan bersenang senang dengan adventur ringan.

IMG00697-20121112-1400Masih banyak dan panjang perjalanan motor rongsok ini, namun begitu saya akan sangat menikmatinya sebagai sebuah proses dan kesenangan,karna kesenangan harus tetap hidup ,agar hidup tetap berjalan

sama halnya kesenangan itu memang mahal,tapi jauh lebih mahal apalagi kita melewatinya dan tak lagi mampu merasakan senang. Salam @likpaijogek - Copy

Perihal tlogoguwo
bali nDeso...mBangun nDeso...

One Response to Dari rongsok bisa masuk ke pelosok

Tinggalkan Balasan

