Derita petani dan peternak pasca letusan merapi

(catatan penulis mengikuti relawan jogloabang dan Profauna.org)

Menyaksikan secara langsung para pengungsi korban letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sungguh sangat memprihatinkan. Puluhan ribu orang terpaksa menjadi pengungsi untuk menghindari amuk Gunung Merapi yang semakin dahsyat.

Mereka terpaksa hidup di tenda-tenda darurat dengan fasilitas dan perlengkapan seadanya. Mereka terpaksa menjadi ‘tuna wisma’ untuk sementara karena rumah mereka memang tidak mungkin lagi ditempati. Yang lebih memprihatinkan, semua itu berlangsung tanpa kepastian kapan akan berakhir. Tidak ada yang tahu kapan Gunung Merapi akan berhenti melemparkan awan panas, lahar dan debu yang merusak dan menyengsarakan.

Dari sekian banyak pengungsi sebagian besar di antara mereka adalah para peternak dan petani. Kawasan lereng Gunung Merapi baik di wilayah Magelang, Sleman, Boyolali, Klaten dan sekitarnya selama ini dikenal sebagai kawasan pertanian dan peternakan yang subur.

Oleh karena itu muntahan awan panas dan debu membuat semua aktifitas pertanian dan peternakan lumpuh. Ribuan peternak kehilangan sumber penghasilan dari susu sapi, bahkan data dari Kementerian Pertanian pada akhir bulan Oktober 2010 telah mati 400 ekor sapi dengan kerugian Rp 4,2 miliar.

Potensi kehilangan pendapatan para peternak akibat sapi mati dan tidak berproduksi diperkirakan sekitar Rp 18 juta/hari, 3.000 ekor sapi dan ratusan ribu ekor ayam telah dievakuasi.

Para petani juga menderita karena ribuan hektar tanaman mereka tertimpa debu vulkanik yang cukup tebal. Sumber Kementerian Pertanian menyebutkan akibat letusan Merapi tanaman salak, cabe, kentang dan sayuran lain tidak bisa panen. Ribuan hektar tanaman padi juga terancam kerusakan.

Diperkirakan kerugian sampai dengan akhir Nopember mencapai Rp 16,6 miliar. Angka kerugian ini dipastikan meningkat karena amuk Merapi semakin ganas dan wilayah yang harus dikosongkan semakin luas.

artikel terkait klik di bawah ini….

…..kabar profauna dari merapi

gambar di ambil dari http:www.gunungkelir.com

 

Perihal tlogoguwo
bali nDeso...mBangun nDeso...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: